Home Artikel MEMUPUK ASA DI BUMI SEPUCUK JAMBI SEMBILAN LURAH

MEMUPUK ASA DI BUMI SEPUCUK JAMBI SEMBILAN LURAH

Refleksi Milad ke-1 Universitas

252
0
SHARE
MEMUPUK ASA DI BUMI SEPUCUK JAMBI SEMBILAN LURAH

Keterangan Gambar : Universitas Muhammadiyah Jambi

 

Penulis: Dr. Nurdin, ME. 1) dan Hendra Kurniawan, S.Si.,M.Si. 2)

17 Juni merupakan hari yang spesial bagi Universitas Muhammadiyah Jambi (UM Jambi) dan dunia pendidikan di Propinsi Jambi. Pada tanggal tersebut di Tahun 2019 berdirilah UM Jambi melalui Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No 457/KPT/I/2019.

Berdirinya UM Jambi menambah jumlah perguruan tinggi sebagai penyedia sumberdaya manusia unggul di propinsi Jambi. Tentunya setumpuk asa bermunculan mengiringi berdirinya UM Jambi untuk peningkatan kualitas sumberdaya manusia, pengembangan inovasi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di bumi sepucuk jambi sembilan lurah ini.


Umur 1 tahun memang masih sangat lah muda, tetapi kiprah UM Jambi merupakan sebuah penjalanan yang sangat panjang. Diawali dengan berdirinya AKUBANK (Akademi Keuangan dan Perbankan) pada tahun 1993 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 100/D/O/1993 tertanggal 13 agustus 1993. AKUBANK memiliki program studi keuangan dan perbankan (D3).


Pada tahun 2004, AKUBANK berubah status menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Jambi berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 161/D/O/2004 dengan tiga program studi yaitu Keuangan dan Perbankan (D3), Akuntansi (D3) dan Ekonomi Pembangunan (S1).

Pada tahun 2014 terbentuk program studi manajemen melalui SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 7068/E1.3/HK/2014.


Akhirnya pada tahun 2019, setelah melalui proses persiapan dan pengusulan yang sangat menyita waktu dan tenaga, STIE Muhammadiyah Jambi berubah status menjadi menjadi Universitas Muhammadiyah Jambi dengan lima program studi yaitu Ekonomi Pembangunan (S1), Manajemen (S1), Sistem Informasi (S1), Informatika (S1) dan Kehutanan (S1)

Bagian dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah
Sebagai salah satu amal usaha Persyarikatan Muhammadiyah bidang pendidikan tinggi, Universitas Muhammadiyah Jambi berada dibawah Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dan pengawasan Badan Pembina Harian (BPH) Universitas Muhammadiyah Jambi yang merupakan perpanjangan tangan dari PP Muhammadiyah.


Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah memiliki 166 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Nusantara, dari sabang sampai merauke.

Jumlah perguruan tinggi tersebut lebih banyak daripada jumlah perguruan tinggi negeri dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang berjumlah 122 perguruan tinggi.

Beberapa perguruan tinggi muhammadiyah masuk ke dalam 50 perguruan tinggi terbaik di Indonesia seperti Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP).

Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah saat ini juga sedang menginisiasi pendirian perguruan tnggi Muhammadiyah di luar negeri yaitu di Malaysia dan Australia.


Menjalankan amanat sebagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah, UM Jambi menjalankan fungsi catur dharma perguruan tinggi. Sedikit berbeda dengan perguruan tinggi di luar lingkup perguruan tinggi muhammadiyah yang menjalankan fungsi tri dharma perguruan tinggi.

Tri dharma perguruan tinggi itu adalah pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat. Satu dharma lagi yang membuat perguruan tinggi muhammadiyah menjadi spesial adalah Al-Islam Kemuhammadiyahan.

Pelaksanaan catur dharma perguruan tinggi ini diharapkan dapat menghasilkan sivitas akademika yang cerdas, inovatif, berintegritas, memiliki kepedulian yang tinggi pada masyarakat dan berakhlakul karimah.


Menjadi bagian dari perguruan tinggi Muhammadiyah merupakan keunggulan tersendiri bagi UM Jambi. Selain mendapat arahan dan supervisi dari LLDIKTI (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi) wilayah X yang merupakan perpanjangan tangan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, UM Jambi juga mendapat arahan, pembinaan dan supervisi dari Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah yang mengelola 166 perguruan tinggi Muhammadiyah di seluruh Indonesia.


Meningkatkan IPM
Salah satu indikator yang dipakai untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia di suatu daerah adalah dengan melihat Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Semakin tinggi IPM suatu daerah maka semakin sejahtera lah daerah tersebut.

Kota Jambi dan Propinsi Jambi memiliki IPM yang cukup tinggi dan selalu meningkat tiap tahun. Tahun 2019, IPM Kota Jambi 78,26 poin, sedangkan IPM Propinsi Jambi telah masuk level tinggi (lebih dari 70 poin).


Kehadiran UM Jambi diharapkan dapat berperan serta meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia di Kota Jambi dan Propinsi Jambi. Dengan catur dharma perguruan tinggi yang dimiliki, UM Jambi dapat mempengaruhi tiga dimensi (umur panjang dan hidup sehat yang diukur dari angka harapan hidup, pengetahuan yang diukur dari angka harapan sekolah dan angka rata-rata lama sekolah, standar hidup layak yang dihitung dari produk domestik bruto) yang digunakan sebagai dasar perhitungan IPM.


Sebuah harapan yang perlu disikapi dan ditindaklanjuti dengan program-program peningkatan kualitas kurikulum, dosen, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana. Program-program tersebut termaktub dan dijabarkan dalam Rencana Strategis (Renstra) UM Jambi. Beberapa program telah selesai dilaksanakan dalam masa 1 tahun berdirinya UM Jambi.


Dalam waktu yang tidak terlalu lama, telah berdiri gedung megah setinggi 6 lantai di kawasan kampus UM Jambi di Jl. Patimura, Simpang IV Sipin, Kota Jambi. Gedung tersebut dimanfaatkan untuk gedung Rektorat, perkuliahan dan aula. Ruang rekorat dan administrasi dibangun agar dapat memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh mahasiswa UM Jambi.

Ruang perkuliahan dipersiapkan dan ditata senyaman mungkin untuk berlangsungnya perkuliahan yang fokus, menarik, dan interaktif. Ruang aula yang luas dengan fasilitas yang lengkap pun tersedia di gedung tersebut agar kegiatan-kegiatan sivitas akademika terfasilitasi dengan baik.


Fasilitas kampus UM Jambi tidak luput dari penambahan dan perbaikan. Belum lama ini, UM Jambi diumumkan sebagai penerima bantuan hibah tahun 2020 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam Program Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta (PP-PTS). Bantuan hibah berupa komputer senilai kurang lebih 500 Juta rupiah tersebut akan dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan laboratorium komputer.

Laboratorium Bahasa dan TOEFL, Laboratorium IPA Dasar, Perpustakaan, Ruangan Pusat Karir dan berbagai fasilitas lain mengalami peningkatan dan perbaikan dalam 1 tahun keberadaan UM Jambi.
Rencana pembangunan Kampus 2
Untuk pengembangan, UM Jambi telah menyiapkan lahan yang cukup luas di Kota Jambi untuk membangun kampus 2. Pembangunan kampus 2 ini diharapkan dapat memperluas layanan UM Jambi kepada masyarakat untuk memperoleh pendidikan tinggi yang berkualitas dan berdaya saing di tingkat lokal, nasional maupun kawasan dan bahkan di tingkat global. Dalam waktu dekat, pembangunan kampus 2 UM Jambi ini akan segera dimulai.
Peningkatan kurikulum juga terus dilakukan oleh UM Jambi dengan mengundang stakeholder untuk memberikan masukan agar sesuai dengan konsep Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Peningkatan kualitas dosen juga tidak luput menjadi concern UM Jambi. Saat ini, UM Jambi telah memiliki 2 orang dosen tetap yang telah menyelesaikan pendidikan S3 dan beberapa orang dosen lagi menyusul untuk menyelesaikan pendidikan S3. Kerjasama didalam jaringan perguruan tinggi Muhammadiyah maupun diluar itu, terus ditingkatkan.
Semua yang dilakukan dan pencapaian dalam 1 tahun terakhir ini merupakan akumulasi pengalaman dari perjalanan panjang sejak berdirinya AKUBANK pada tahun 1993.

Apa yang kami lakukan dengan penuh semangat saat ini bersama seluruh sivitas akademika UM Jambi, hanyalah upaya untuk memupuk asa agar terus membesar dan menjadi kenyataan.
Semangat tersebut terekam dengan jelas dalam bait-bait Mars UM Jambi yang dinyanyikan mengiringi momen-momen penting di UM Jambi.

MARS UM JAMBI
Cipt. Hendra Kurniawan dan Nurdin

Sang surya bersinar menerangi
Bumi sepucuk Jambi sembilan lurah
Universitas Muhammadiyah Jambi
Cerdaskan negeri menuju masa depan cerah

Derap langkah cendekia
Bergemuruh sadarkan cita
Membangun Indonesia berkemajuan
Bukan hanya sekedar semboyan

Universitas Muhammadiyah Jambi
Universitas kami
Sumbangkan dharma untuk persada negeri
Dalam semangat profesional, enterpreneur dan Islami..

Selamat Milad ke-1 untuk Universitas Muhammadiyah Jambi. Terima kasih untuk semua pihak yang telah berkorban menyertai kami memupuk asa ini.

1) Rektor Universitas Muhammadiyah Jambi
2) Ketua Program Studi Kehutanan, Universitas Muhammadiyah Jambi